Wednesday, October 19, 2016

Contoh Cerita Sejarah : Kisah Tembok Pembatas di Jerman

Pada postingan ini, Ilmu Hexa akan memberikan contoh cerita sejarah untuk membantu tugas Bahasa Indonesia membuat Teks Sejarah.

Kisah Tembok Pembatas di Jerman

Ilmu Hexa Tembok Berlin

Tembok Berlin yang dalam bahasa Jermannya Berliner Mauer, merupakan tembok beton setinggi 4 meter yang memisahkan Kota Berlin bagian barat dan bagian timur. Tembok tersebut mulai dibangun pada tanggal 13 Agustus 1961 oleh Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur). Tujuan didirikannya tembok ini untuk melindungi warga Jerman Timur dari elemen-elemen fasis yang dapat memicu gerakan-gerakan besar, sehingga pemerintah Jerman Timur dapat membentuk pemerintahan komunis. Setelah didirikannya Tembok Berlin, masyarakat Berlin Timur tidak dapat pergi ke Berlin Barat, begitu pula sebaliknya.

Setelah kekalahan Jerman pada Perang Dunia 2 di tahun 1945, diadakan Perjanjian Postdam yang berisi pembagian wilayah kependudukan Jerman. Jerman dibagi menjadi 4 wilayah kependudukan, yaitu Amerika Serikat, Britania Raya, dan Perancis menguasai wilayah Jerman bagian barat, sedangkan Uni Soviet menguasai wilayah Jerman bagian timur. Berlin, sebagai ibukota Jerman juga dibagi menjadi 4 kekuasaan walaupun berada pada wilayah kekuasaan Uni Soviet.

Selama kurang lebih dua tahun, ada perubahan politik diantara Soviet dan anggota sekutu lainnya. Hal ini terjadi karena Soviet menolak setuju untuk rencana rekonstruksi kembali Jerman pasca-perang. Inggris, Perancis, Amerika Serikat, dan negara-negara Beneluks kemudian bertemu untuk menggabungkan kawasan-kawasan non-Soviet menjadi satu kawasan untuk direkonstruksi dan menyetujui perluasan dari Marshall Plan. Marshall Plan adalah program ekonomi skala besar pada tahun 1947 - 1951 oleh Amerika Serikat yang bertujuan untuk membangun kembali kekuatan ekonomi negara - negara di Eropa setelah Perang Dunia 2 usai.

Sebagian masyarakat Jerman Timur yang tidak menyetujui paham komunis yang dianut oleh pemerintahan Jerman Timur, melarikan diri menuju Jerman Barat memalui Kota Berlin Barat. Pelarian ini mengakibatkan merosotnya perekonomian Jerman Timur, sehingga pemerintahan komunis Jerman Timur di bawah pimpinan Walter Ulbricht secara rahasia membangun Tembok Berlin pada tanggal 13 Agustus 1961.

Tembok Berlin yang mengurung Berlin Barat dan memotong kota persis di tengahnya, menjadi simbol Perang Dingin yang paling terkenal. Banyak pembesar barat, terutama presiden Amerika Serikat yang mengunjungi tembok ini untuk mengutuknya. Presiden J.F Kennedy pada tahun 1963 datang dan berpidato di sisi tembok ini dengan kalimatnya yang terkenal Ich bin ein Berliner yang artinya “Aku orang Berlin”. Pada tahun 1983, Presiden Amerika Ronald Reagan juga berpidato di sini dan mengutuk Uni Soviet yang disebutnya An Evil Empire yang berarti Kekaisaran yang kejam. Tetapi pada tahun 1989, pada hari peringatan Republik Demokratis Jerman, pemimpin Uni Soviet, Mikhail Gorbachev juga sempat mengunjungi Tembok Berlin dan berkata pada pemimpin Jerman Timur Erich Honecker bahwa “Barangsiapa terlambat datang, akan dihukum oleh hidup”.

Selama Tembok Berlin berdiri, ada sekitar 5.000 orang yang berhasil melarikan diri. Jumlah orang yang tewas akibat mencoba kabur, sampai saat ini masih menjadi perdebatan. Menurut Alexandra Hildebrandt, Direktur Museum Pos Pemeriksaan Charlie, diperkirakan jumlah orang yang tewas adalah lebih dari 200 orang. Sebuah kelomok bersejarah di Center for Contemporary Historical Research (ZZF) di Potsdam mengkonfirmasikan bahwa ada 136 jumlah orang tewas. Sebelumnya, yang tercatat resmi adalah 98 orang yang dibunuh.

Setelah memperbolehkan celah bagi para penduduknya untuk melewati perbatasan saat musim panas, Hungaria akhirnya secara efektif menghilangkan pembatas fisik negaranya dengan Austria tanggal 19 Agustus 1989. Di bulan September, lebih dari 13.000 orang Jerman Timur kabur ke Austria melalui Hungaria. Hal ini menyebabkan beberapa rentetan kejadian berikutnya. Orang Hungaria mencegah agar tidak semakin banyak orang Jerman Timur yang menyebrang perbatasan, dan mengembalikan mereka ke Budapest. Orang-orang Jerman Timur ini memenuhi kedutaan Jerman Barat dan menolak untuk kembali ke Jerman Timur.

Pemerintah Jerman Timur menanggapi hal ini dengan menutup semua perjalanan ke Hungaria, tapi masih memperbolehkan mereka yang mau kembali ke Jerman Timur. Pada kesempatan kali ini, otoritas Jerman Timur memperbolehkan mereka untuk pergi, asalkan saja nanti kereta yang mereka pakai melewati Jerman Timur. Maka muncullah demonstrasi besar-besaran di Jerman Timur sendiri. Pemimpin Jerman Timur, Erich Honecker, mengundurkan diri tanggal 18 Oktober 1989 dan digantikan oleh Egon Krenz beberapa hari kemudian. Honecker telah memprediksi bahwa tembok itu masih akan bertahan sampai 50 atau 100 tahun lagi, jika kondisi negara itu tidak berubah.

Protes demonstrasi pecah di seluruh Jerman Timur bulan September 1989. Pada awalnya, para demonstran ingin pergi menuju ke barat, sambil meneriakkan Wir wollen raus! (Kami mau pergi!). Tapi lalu para demonstran mulai berteriak Wir bleiben hier (Kami akan tetap di sini!). Maka, ini adalah awal dari apa yang disebut orang Jerman Timur sebagai "Revolusi Damai" di akhir 1989. Para pemrotes semakin besar di awal November. Para demonstran mencapai puncaknya pada tanggal 4 November, ketika hampir setengah juta orang berkumpul di Demonstrasi Alexanderplatz.

Sementara itu, para pengungsi yang meninggalkan Jerman Timur ke Jerman Barat semakin meningkat, dan mereka menemukan jalan baru untuk keluar dari Jerman Timur, yaitu dengan cara melalui Hungaria via Cekoslowakia  yang diizinkan oleh pemerintahan Krenz yang baru dengan persetujuan  pemerintah komunis Cekoslowakia. Agar keadaan tidak semakin rumit, akhirnya politbiro (pembuat kebijakan pusat dan badan pelaksana Partai Komunis Uni Soviet) yang dipimpin oleh Krenz memperbolehkan para pengungsi untuk keluar langsung melalui pintu perbatasan antara Jerman Timur dan Jerman Barat, termasuk Berlin Barat pada tanggal 9 November 1989.

Pada tanggal 9 November 1989 sebagian Tembok Berlin mulai dihancurkan. Orang-orang datang membawa palu godam dan sejenisnya untuk menghacurkan beberapa bagian tembok dan juga menciptakan beberapa lubang perbatasan yang tidak resmi. Orang-orang ini disebut sebagai Mauerspechte atau pelatuk tembok.

Rezim Jerman Timur kembali mengumumkan bahwa mereka akan membuka 10 pintu perbatasan baru, termasuk di beberapa tempat bersejarah seperti Potsdamer Platz, Glienicker Brücke, dan Bernauer Straße. Massa dari 2 sisi menunggu berjam-jam, bersorak-sorai ketika buldoser menghancurkan tembok ini. Pintu perbatasan baru terus dibuka sepanjang tahun 1990, termasuk di Gerbang Brandenburg tanggal 22 Desember 1989.

Penduduk Jerman Barat dan Berlin Barat diperbolehkan masuk ke Jerman Timur tanpa visa mulai tanggal 23 Desember 1989. Sampai tanggal itu, mereka hanya diperbolehkan masuk dengan berbagai persyaratan dan diharuskan membuat aplikasi untuk pembuatan visa. Selain itu, mereka diharuskan membayar minimal 25 DEM per harinya. Maka, sebenarnya pada tanggal 9 November dan 23 Desember ini, penduduk Jerman Timur lebih bebas daripada Jerman Barat. Karena, hampir semua bagian tembok ini telah diruntuhkan.

Banyaknya penduduk yang menghancurkan bagian Tembok Berlin pada tanggal 9 November ramai diberitakan di televisi. Berita tersebut membuat banyak orang di luar negeri berpikir bahwa tembok ini akan dihancurkan secepatnya. Sebenarnya, tembok ini tetap dijaga meskipun intensitas penjagaan semakin kecil. Di bulan pertama itu, militer Jerman Timur berusaha untuk memperbaiki kembali tembok yang dihancurkan oleh para "Pelatuk Tembok". Lalu, seiring berjalannya waktu, tindakan ini dihentikan, dan para penjaga semakin toleran dengan aksi penghancuran tembok dan perginya penduduk melalui tembok yang berlubang.

Tanggal 13 Januari 1990, tembok ini resmi dihancurkan oleh militer Jerman Timur, dimulai dari Jalan Bernauer Straße. Penghancuran tembok ini kembali diteruskan setelah Reunifikasi Jerman sampai akhirnya selesai bulan November 1991. Hanya sedikit bagian tembok dan menara tetap dipertahankan, sebagai tempat memorial. Jatuhnya Tembok Berlin merupakan awal dari Reunifikasi Jerman, yang ditandatangani pada tanggal 3 Oktober 1990.

Seorang Mahasiswa PWK yang suka jalan-jalan dan mengabadikan tiap momen. Mau bikin blog tentang ilmu PWK tapi terlalu berat. Jadinya bikin blog ini buat ngeshare aktivitas jalan-jalan yang nyinggung dikit ke PWK

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Cerita Sejarah : Kisah Tembok Pembatas di Jerman

0 Komentar:

Post a Comment